Minggu, 12 Desember 2021

Materi Sesuai Kisi-kisi PAS Tema 2 Kelas 6

 


PPKN

1.       Indonesia merdeka karena bersatu. Alat pemersatu bangsa diantaranya dasar negara Pancasila, bendera Indonesia merah putih, semboyan Bhinneka tunggal ika, Bahasa Indonesia sebagai Bahasa persatuan, lambang negara garuda Pancasila, dan lagu kebangsaan Indonesia Raya

2.       Sikap rukun dalam lingkungan keluarga: dengan anggota keluarga lain tidak bertengkar

Rukun dalam sekolah atau dalam masyarakat mau berteman tanpa membeda-bedakan

3.       Dampak tidak adanya persatuan: terjadi masalah, keamanan berkurang, perpecahan bangsa

4.       Sila Pancasila. Sila pertama= kebebasan beribadah, menjalankan ibadah sesuai agama, toleransi antar dan intern umat beragama. Sila 2 kemanusian= tolong menolong, membantu yang terkena musibah.

SIla 3= persatuan, cinta tanah air, mencintai produksi dalam negeri, mengharumkan nama bangsa.

Sila 4= musyawarah, tidak memaksakan kehendak

SIla 5= keadailan= adil dengan saudara, tidka boros, hidup hemat, kerja keras, menghargai hasil karya orang lain.

5.       Semboyan dalam menjaga persatuan= Bhinneka tunggal ika= berbeda-beda tetapi tetap satu jua

6.       Perbedaan dalam persatuan= disikapi dengan baik agar tidak terjadi perpecahan

7.       Manfaat persatuan dan kesatuan= tenteram, damai, hidup rukun, aman, menjaga keutuhan NKRI, pembangunan lancar dll

8.       Sama dengan no 4

9.       Tugas dapat diselesaikan dengan baik dengan kerjasama dan adanya rasa tanggung jawab

10.   Sikap terhadap budaya lain: menghargai, mengormati, tidak mengejek, mempelajari agar lestari

 

BI

Kata tanya: apa, mengapa, kapan, siapa, bagaimana, dimana, berapa

 

IPA

21. Tujuan makhluk hidup memiliki ciri khusus: bertahan hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan

22. Tempat hidup tumbuhan:

              Air= higrofit= Teratai, enceng gondok dll

              Xerofit= tumbuhan pada ,ingkungan panas= kaktus

Higrofit= tumbuhan di daerah lembab= paku, tanduk rusa

23. Cara adaptasi= memiliki duri= putri malu, salak, mawar, bugenfil dll

              Menggulungkan daun=jagung

              Mengeluarkan getah= Nangka, karet, kamboja

              Rasa pahit atau sepat= belimbing, jambu, p

Bulu      halus= jelatang, bambu, rawe

24. Ciri khusus tumbuhan

                             Kantung semar= memakan serangga

Bakau =memikiki akar tunjang dan akar napas.

Puteri malu= menutup daunnya

Bakau = memiliki akar napas/ menahan abrasi pantai

25. Manfaat adaptasi hewan= untuk menyesuaikan diri

26. Ciri khusus hewan

27. Manfaat pelestarian hewan : agar tidak punah

28. Hewan melindungi diri dengan cara

              Memiliki cangkang= bekicot, kerang

Menyemprotkan tinta= cumi-cumi

Mengeluarkan bau menyengat= sigung, walang sangit

Cicak=memutus ekor( mimikri) dll

29. Hewan yang dilindungi di taman nasional=

              Taman Nasional Ujung Kulon= badak bercula satu

Taman Nasional Way Kambas= badak Sumatera, harimau Sumatera

Taman Nasional Karimunjawa= hiu

Taman Nasional Gunung Leuser= orang utan Sumatera

Taman Nasional Komodo =Komodo

Taman Nasional Tanjung Putting= orang utan Kalimantan

dll

30. Manfaat sumber daya alam

              Makanan=  padi, jagung, sayur dll

Bahan sandang= biri-biri, kapas

Bahan kerajinan= kerrang, mutiara, kulit sapi, kerbau dsb

Penghasil tenaga- kuda, sapi dsb

Penhasil pupuk= kotoran kelinci, kotoran ayam, kambing dsb

              Pewarna= daun suji, buah naga, kunyit, daun jati

Penyedap= laos, serai

 

 

IPS

31. Makna proklamasi=sebagai titik puncak perjuangan, pengakuan a[da dunia luar, menaikan martabat bangsa, memulai perjuangan negara baru, tonggak sejarah negara Indonesia

32. Hasil perjanjian linggar jati=

a. Belanda hanya mengakui kekuasaan RI atas Jawa, Madura, dan Sumatera

b. RI dan Belanda akan bersama-sama membentuk Negara Indonesia Serikat yang salah satu negara bagiannya Republik Indonesia

c. NIS dan Belanda akan membentuk Uni Indonesia- Belanda yang diketuai Ratu Belanda

33. 34. Peran tokoh dalam proklamasi=

a. Sutan Syahrir: mendengar berita kekalahan Jepang atas sekutu.
b. Latief Hendraningrat, S. Suhud, dan Trimurti: mengibarkan bendera merah putih pada saat peristiwa Proklamasi kemerdekaan.
c. Sukarni: mengusulkan agar teks proklamasi ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan Drs Moh Hatta atas nama bangsa Indonesia.
 d. Sayuti Melik: mengetik teks proklama
d. BM Diah: menyebarkan berita proklamasi kemerdekaan ke penjuru tanah air.

Yang lain di nomor 38

35. Pertempuran mempertahankan kemerdekaan

a. Pertempuran Ambarawa= 20 November 1945 di Ambarawa, gugur Letkol Isdiman dan diambil alih oleh Soedirman

b.Pertempuran Surabaya = 10 November 1945== 10 Nov diperingati sebagai Hari Pahlawan

c. Pertempuran Medan Area di Medan 10 Oktober 1945

d.Peristiwa Merah Putuh di Manado 14 Feb 1986

e. Agredi Belanda I

f. Agresi Belanda 2

36. Tokoh perjuangan diplomasi:

1. Perjanjian linggarjati: tokoh Indonesi SUtan Syahrir, Belanda Jenderal H.J Van Mook

2. Perjanjian Renvile: Indonesia memilih Australia yang diwal\kili Ricchard Kirby, Belanda memilih Belgia yang diwakili Paul van Zeeland. Australia dan Belgia memilh Merika Serikat yang diwakili Frank Porter Graham

3. Perjanjian Roem Royen: Indonesia= Mr Moh. Roem, Belanda Dr. Van Royen , Penengah dari UNCI Merle Corhran

4. Konferensi Meja Bundar di Den Haag Belnda Indonesia Moh Hatta, Belanda Mr. Van Maarseveen. UNCI oleh Chritchley

37. Isi Plan Kasimo: menanami tanah kosong di Sumatera Timur, Di JAwa dilakukan intensifikasi dengan menanam bibit unggul, pencegahan penyembelihan hewan yang berperan bagi produksi pangan, di setiap desa dibentuk kebun bibit, transmigrasi.

              38. Tokoh dalam proklamasi

1. Ir. Soekarno: menulis teks proklamasi, merumuskan teks proklamasi, membacakan dan menandatangani teks proklamasi.
2. Drs Moh Hatta: merumuskan teks proklamasi, menandatangani teks proklamasi, serta mendampingi Ir.Soekarno pada saat membacakan teks proklamasi.
3. Mr Ahmad Soebardjo: menjadi penengah antara golongan muda dan golongan tua pada peristiwa Rengasdengklok dan ikut merumuskan teks proklamasi.
4. Laksamana Muda Maeda: menyediakan tempat dan menjamin keamanan dalam perumusan teks proklamasi.
5. Ibu Fatmawati: menjahit bendera merah putih.

 

39. Wujud kesejahteraan rakyat Indonesia setelah kemerdekaan= rakyat Indonesia bebas mengeyam pendidikan, hidup lebih sejahtera

40. Kewajiban mengisi kemerdekaan bagi seorang pelajar misal belajar, mengharumkan nama bangsa

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar